21317989_10155800153969612_917030504343950797_n 21558805_10155800113384612_6362124690078414906_n 21740690_10155794370404612_7845016074788208149_n 21751640_10155800177719612_5286232690359223710_n 21761453_10155794826889612_4066770612380607557_n

Sunday, March 22, 2015

Tutup Point itu mudah kok... asal tau caranya...

Walau baru beberapa bulan menjalani bisnis Oriflame ini banyak pelajaran yang saya terima... point utama untuk sukses di bisnis oriflame ini cuma 3 yaitu TUPO, REKRUT dan BINA.
Kali ini saya ingin mencoba membahas mengenai Tutup Point di Oriflame yang biasa disebut TUPO... mungkin teman2 yang sudah join oriflame sudah mengenal apa itu TUPO, tapi buat teman2 yang belum pernah join oriflame akan coba saya jelaskan mengenai si TUPO ini....
TUPO (Tutup Point ) itu diperoleh dari akumulasi total BP belanjaan teman2 selama 1 bulan.
TUPO (Tutup poin) di oriflame itu senilai 100 BP atau kurang lebih Rp. 650.000,-.
BP = Bonus Point atau nilai poin dari setiap produk
Setiap produk oriflame yang kita beli berbeda poin nya yang disesuaikan dari nilai harga produk tersebut.

Sebenarnya TUPO itu wajib gak sih di Oriflame ini?
Jawabannya TERGANTUNG kalian join oriflame ini sebagai apa?

USER / PEMAKAI.
Apabila kalian join di Oriflame ini hanya karena suka memakai produknya dan mau membelinya dengan harga konsultan yang lebih murah sekitar 23% dari harga catalog, artinya kalian TIDAK PERLU melakukan TUPO.
Beli saja yang sesuai kebutuhan anda.

SELLER / PENJUAL.
Apabila kalian join  di Oriflame ini hanya mau jualan dan mengambil keuntungan dari berjualan saja... artinya kalian TIDAK PERLU melakukan TUPO.
Tapi biasanya kalo penjual yang ingin mendapatkan keuntungan cukup besar dari hasil penjualan  produk oriflame maka jumlah barang yang dijual pastinya akan banyak dan totalnya bisa lebih dari 100 BP . Betul kaan...
Tapi sebagai penjual dia bisa saja bilang ah uang aku dah cukup banyak bulan ini... jadi bulan besok aq gak mau jualan oriflame dulu atau mau jualan oriflamenya sedikit saja... kalo gak jualan pastinya gak ada pemasukan, kalo jualannya sedikit yaa keuntungannya juga sedikit.
Semua itu terserah kita yang menentukan kok. bebas-bebas saja broo...

MAU JALANIN BISNIS MLM NYA.
Tapi apabila kalian join di Oriflame ini untuk mau jalanin bisnisnya dan mau ikut jenjang karirnya biar dapat penghasilan sampai puluhan juta tiap bulannya, atau mau mendapat bonus2 yang disediakan oleh oriflame seperti bonus Cash Award, atau Mobil, atau Jalan2 Gratis, maka TUPO itu wajib dipenuhi sebagai komitmen kita untuk berbisnis. TUPO itu layaknya Target market yang mesti dicapai consultannya bila ingin mendapat bonus.

Anggap saja seperti kalian kerja di suatu perusahanan dan mengharapkan bonus dari perusahaan tersebut... perusahaan akan pasti melihat kamu sudah bekerja seperti apa buat perusahaan, sebelum bonus keluar pasti ada review kinerja kita kan... Besar bonus yang dikeluarkan disesuaikan dengan kinerja kita... benar kaaaan...

Sama dengan bisnis di Oriflame, bonus yang diberikan sesuai dengan kinerja kita dalam menjalani bisnis dan TUPO itu salah satunya. Bukan hanya member baru yang dikenakan TUPO bahkan member2 yang sudah di posisi MANAGER, DIRECTOR, DIAMOND semua akan diwajibkan untuk TUPO kalo mau bonusnya di transfer ke rekening sama oriflame.

Tapi ada kok MLM yg gak pakai TUPO....  mohon maaf yaaa sebelumnya... saya pernah di prospek beberapa orang bahkan ikut beberapa program MLM semuanya memasang target kok... cuma istilahnya bukan  TUPO tapi beli Paket atau istilah lainnya yang pada intinya sama yaitu TARGET..
Contoh : saya pernah ditawarkan produk X
Orang tersebut mengatakan dengan saya membeli hak bisnis dengan paket sebesar Rp 3 juta, nanti saya dapat produknya yang bisa dijual atau dipakai sendiri. Setelah itu saya ajakin orang untuk melakukan hal sama seperti saya. Saya tidak ada tupo. Iya benar anda tidak tupo, tapi membeli Paket sebesar Rp 3 juta itu adalah tupo upline anda. Artinya ketika kita membeli produk atau hak bisnis yang dimaksud kita dapat produk, uang join itulah yang dibagikan kepada upline-uplinenya. Seperti sistem piramida. Jadi yang duluan join yang untung. Yang belakangan bisa saja tidak mendapatkan apapun. 
Kalau Oriflame, sistemnya adil. Uang join itu murni hanya untuk starter kit yaitu sebesar Rp 49.900 tidak ada uang untuk upline dari uang join. Pembagian bonuspun juga transparan dan adil.

Terus Bagaimana caranya supaya kita TUPO yang gak bikin rugi?
- Usahakan Tupo diawal2 bulan sehingga sisa waktu yang ada bisa kita fokuskan dalam merekrut serta membina member2 dibawah kita.  
- Keuntungan dari Tupo diawal bulan adalah produk2nya masih lengkap. 

Tapi Bagaimana caranya bisa TUPO diawal bulan?

- Beli buat kebutuhan pribadi kita sendiri atau buat keluarga kita di rumah
Belilah produk seperti Shampo, Sabun Mandi, Odol, Bedak, Minyak Wangi, dll.
Apa fungsi kita belanja buat diri kita sendiri? Kita sebagai Consultant yang ingin menjual suatu produk kita harus mengenal produk tersebut... Gimana jadinya kalo kita suruh orang beli tapi kita sendiri gak mau pakai produknya. 
Contoh  Parfum : Orang pasti ingin tau wanginya seperti apa sebelum membeli produknya mereka tidak akan tau kalo hanya melihat dari catalog saja, artinya kita butuh sample parfum buat jualan... Tiap bulan Oriflame memberikan diskon di beberapa parfum, pada saat itulah kita beli untuk sebagai sample kita buat berjualan parfum.

Kedua kita coba berpikir secara logika saja yaa... saya selalu beli produk keperluan mandi keluarga, bedak, lisptik dan Parfum selama bertahun2 dengan harga puluhan sampai ratusan ribu disebuah supermarket, aatau toko kecantikan ... apakah ada reward terimakasih dari perusahaan tempat kita beli produknya? hehehe... Jujur bertahun2 saya beli belum pernah tuh merasakan ada hadiahnya... sedangkan di Oriflame ini kalo kita beli produk oriflame yang harganya hampir sama dengan yang biasa kita beli banyak reward menanti dari Oriflame... Saya sudah rasakan itu...
Berikut beberapa contoh TUPO buat kita sendiri 

TUPO ku-2

TUPO ku-1

TUPO ku-3

- Sebarkan catalog bulan berikutnya lebih cepat.
Biasanya pada pertengahan bulan berjalan Catalog untuk bulan berikutnya sudah bisa kita dapatkan.
Saya biasa sebarkan catalog bulan berikutnya di seminggu terakhir bulan berjalan sehingga pas masuk bulan berikutnya kita sudah mendapat orderan yang kita bisa order di awal bulan.

Biasakan menyebarkan sekitar 20 bh catalog, dengan harapan apabila dari 20 bh catalog ada 10 orang saja yang memesan produk dengan harga sekitar Rp 65.000 atau 10 Bp maka total belanja kita bisa mencapai 100 Bp.

Contoh penjualan :

TUPO ku - 4

  - Sering-sering Review Produk Oriflame
Setelah kita pakai produk dan rasakan hasilnya yang bagus kita share di Status FB, Twitter, Whatsapp atau BBM dan sosial media lainnya bahkan bisa sharing di Blog kita. Dengan review tersebut mungkin ada orang jadi ingin merasakan sendiri produk tersebut...
Apabila dia suka dengan produknya mereka pasti akan menjadi pelanggan tetap kita dan itu banyak terjadi... dan kalo seperti itu tawarkan juga untuk menjadi member sehingga mereka mendapat harga consultant yang lebih murah atau ajak ikut bisnisnya... kalau mereka mau maka2 sudah 2 point yang berhasil kita lakukan yaitu TUPO dan REKRUT 

Bila saya punya kendala dana buat modal beli barang gimana... apa bisa TUPO?

Mungkin ada dari teman2 yang punya modal tidak terlalu banyak.... gimana caranya bisa Tupo di akhir bulan... 
- Mencicil pembelian produknya
Misalnya teman2 diawal bulan sudah punya orderan mencapai 100 BP tapi modal yang ada cuma Rp 200.000,- Nah.... caranya beli dahulu produknya sesuai dengan dana yang ada. Setelah barang diterima dan dibayarkan oleh pemesan maka kalian bisa beli lagi sisa orderan yang ada dari uang yang sudah diterima dari penjualan sebelumnya.

Seperti itulah teman2 cara kita bisa cepat TUPO di awal bulan jadi sisa waktunya kita bisa lakukan untuk mengembangkan jaringan serta membina member2 kita... jadi jangan cuma nunggu saja hayuk kita kerjakan...
 
Buat yang sudah bergabung di Oriflame sudah TUPO kah kalian?

Yang mau gabung... Hayuuuk !!!

wassalam,
Paramita
http://www.dbc-network.com/?id=sparamita
SMS / WA : 0812.1812.5522

2 comments:

  1. berapakah downline kita agar bisa menutupi topo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tupo disini maksudnya belanja produk Oriflame yang dilakukan oleh kita sendiri boleh berupa hasil jualan kita.
      Besarnya Tupo tergantung type konsultannya, kalo dia USER/PEMAKAI atau SELLER/PENJUAL bebas mau tupo berapa saja tapi keuntungan yg didapat hanya harga yg lebih murah dan keuntungan penjualan.

      Tapi kalo kita sebagai PEBISNIS dan mau dapat bonus diluar keuntungan penjualan atau mau dapat hadiah2 gratis dari Oriflame maka Tupo Pribadi minimal 100 BP atau sekitar Rp 700 ribu-an.
      Mengenai Type konsultan lebih detailnya bisa dibaca di http://bit.ly/Type-Konsultan

      Delete